Sesuatu Tentang Ide

Ide adalah gumpalan-gumpalan ilmu yang diperoleh kapan saja, di mana saja, dari siapa saja. Tuhan telah mengaruniakan kepada kita makhluk bernama indera. Dengan mata kita mampu melihat banyak hal untuk kita cerna sebagai bahan tulisan yang bisa menggugah. Dengan pendengaran kita bisa menangkap getaran-getaran hikmah yang tersampai lewat suara. Dengar dan kumpulkan kalimat serta penggalan kata yang mungkin diucapkan oleh orang lain, yang kita dengar secara sengaja atau tidak sengaja.

Ide bisa muncul dari banyak hal. Bisa bersumber dari memoar, pengalaman, cita-cita, imajinasi, pengamatan, penelitian, literatur, diskusi. Dan tugas kita adalah melihat dengan lebih peka terhadap hadirnya ide-ide itu. Cobalah tuliskan kristal-kristal ide itu dalam kalimat-kalimat yang padat dan mewakili ide yang sedang kita peroleh itu. Ikatlah ide-ide yang beterbangan itu dengan mencatatnya. Ya, selamatkan potongan-potongan pengalaman, peristiwa, impian, harapan, renungan, serta reaksi terhadap berbagai hal yang kita saksikan dengan menuliskannya segera. Saat itu juga. Karena jika ide itu telah terlupa, mungkin ia tak akan pernah hinggap lagi di kepala kita untuk kedua kalinya.

Memang, inilah bagian terpenting untuk menulis buku. Karena jika ide sudah ditemukan, maka menulis bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Jika ide telah digenggam, saksikanlah, karakter-karakter akan mulai bermunculan. Rincian-rincian bab sangat mudah dibuat. Kalimat-kalimat pun akan bermunculan.

Dikopi dari Ahmad Rifai Rif’an

Iklan

One Comment

  1. Terimakasih tipa dan informasinya, menemukan ide baru memang menjadi hal yg sangat sulit ditemukan, tapi ya benar sependapat dg apa yg ditulis bahwa ide bisa muncul kapanpun. Ketika ide itu muncul maka segeralah catat

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s