Menghilangkan Noda Lem

Hai sobat, mungkin diantara sobat sekalian punya masalah dengan bekas lem stiker, atau noda cipratan aspal pada body motor maupun mobil yang cukup mengganggu ?

Berikut ini pengalaman pribadi saya terkait masalah tersebut, ketika melepas stiker pada bodi mobil yang bekas lemnya masih menempel dan susah untuk dibersihkan. Beberapa kali ketika melintas di jalanan yang sedang ada pengerjaan pengaspalan kemudian cipratan aspal atau minyak ter hitam yang menempel di bodi mobil, sungguh mengganggu. Noda noda tersebut tidak bisa dibersihkan menggunakan air sabun saat mencuci mobil.

Ada beberapa alternatif bahan cair yang bisa digunakan untuk membersihkan noda noda tersebut.

  1. Bahan pabrikan berupa cairan khusus yang memang diperuntukkan menghilangkan noda noda bekas lem maupun aspal. Cairan jenis ini biasanya memang dijamin aman untuk permukaan cat bodi.
  2. Bahan berikutnya adalah bahan bakar mobil seperti bensin. Cairan ini memang bisa digunakan untuk mengelupas sisa lem atau noda aspal, tetapi cairan ini juga mempengaruhi permukaan cat mobil.
  3. Bahan cairan yang berikutnya ini adalah minyak kesehatan atau minyak kayu putih. Minyak kayu putih mempunyai sifat dapat menguraikan minyak atau lem. Cairan ini juga cukup mudah didapat dan murah serta lebih aman terhadap permukaan cat dari pada penggunaan bensin. Aplikasinya juga mudah yaitu cukup dioleskan pada tisu atau lap kering dan bersih kemudian dioleskan atau teteskan cairan minyak kayu putih langsung ke permukaan bernoda yang ingin dibersihkan, diamkan beberapa saat (mungkin cukup beberapa detik). Langkah berikutnya adalah gosoklah permukaan tersebut menggunakan tisu atau lap yang sudah diberi minyak kayu putih tadi, sehingga bersih. Arah gosokan searah saja ya supaya kotoran bekas gosokan tidak kembali lagi. Setelah dianggap bersih, lanjutkan untuk mengelapnya menggunakan lap bersih sehingga bekas gosokan dan minyak kayu putih benar benar bersih. Jangan lupa sebelum aplikasi minyak kayu putih, permukaan bernoda diusahakan dibersihkan dulu dari debu atau kotoran lainnya. Selamat mencoba.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s