Diklat Calon Kepala Sekolah oleh LPPKS

Kepala sekolah adalah sumberdaya manusia yang dibutuhkan untuk memimpin dan megatur serta mengarahkan pelaksanakan kegiatan sekolah. Kepala sekolah yang terdiri dari SD, SMP, SMA maupun SMK dijabat oleh guru yang diberi tugas tambahan oleh pejabat yang berwenang. Beberapa tahun terakhir ini pengangkatan kepala sekolah terkadang kurang memperhatikan kompetensi dari guru yang diangkat tersebut, dan hanya dilakukan atas dasar kenal baik, kedekatan dan kesukaan pejabat terkait atau usulan dari pejabat di bawahnya. hal ini bisa saja terjadi karena mungkin persediaan tenaga guru yang siap diberi tugas untuk menjabat sebagai kepala sekolah jumlahnya sangat terbatas. Setelah pengangkatan barulah dlakukan pendidikan dan latihan kepala sekolah untuk meningkatkan kompetensi kepala sekolah sebagai pemimpin dan manajer sekolah. Menyikapi hal itu, pemerintah melalui kementrian pendidikan membentuk lembaga independen yang bertugas menyiapkan calon kepala sekolah. sehingga ketika dibutuhkan kepala sekolah yang baru, sumber daya manusia yang dibutuhkan sudah siap.
Pada periode 2013 dilakukan pendidikan dan latihan calon kepala sekolah dimulai tanggal 16 januari 2013 sampai dengan 22 januari 2013. Diklat tersebut dilaksanakan oleh LPPKS di Hotel Kusuma Sahid Prince (KSPH) Solo. Pelaksanaan kali ini diikuti oleh calon-calon kepala sekolah dari Kota Batu dan Kota Cirebon. Jumlah peserta dari kota batu adalah sejumlah 48 orang dari berbagai jenjang mulai dari SD, SMP, SMA dan SMK. Sedangkan peserta dari kota Cirebon diikuti oleh 74 peserta dari jenjang SD saja.

3 Comments

  1. Alhamdulillah pemerintah Kota Batu melalui Dinas Pendidikan telah memperhatikan nasib alumni LPPKS 2013 yang berjumlah 47 orang. Pada tanggal 3 Juli 2014 telah diangkat dan dilantik sebagai kepala sekolah untuk AD dan SMP sejumlah 17 orang.

    Balas

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s