Tips Merawat Kaca Mobil

Kotoran yang menempel di kaca mobil, seperti jamur kaca, membuat kita harus kerja keras.  Pandangan ke depan menjadi tidak bersih, terhalang dan bahkan kalau malam hari akan menjadi silau jika terkena lampu dari depan atau dari kendaraan yang berlawanan arah. Tampilan mobil menjadi tidak kinclong. Hal ini berujung untuk membersihkannya juga susah. Tidak cukup cuma membilas dengan air saja. Berikut tips yang bisa dilakukan.

  1. Pembersih kaca yang mengandung bahan ammonia termasuk efektif untuk menghilangkan kotoran yang menempel di kaca. Tinggal diusapkan ke kaca dan kotoran pun akan hilang. Tidak perlu khawatir kalau sewaktu usapan pertama kaca seperti tergores-gores. Usapan kedua bisa menghilangkan goresan tersebut. Perlu diingat, sewaktu mengusap lap jangna ditekan terlalu keras ke kaca.
  2. Shampo mobil yang dicampur dengan air dapat juga dipakai untuk membersihkan kaca. Sebaiknya tidak menggunakan sabun cuci biasa dikarenakan mengandung bahan kimia yang dapat merusak cat mobil. Untuk kotoran yang menempel dan susah dihilangkan, usap kaca dengan lap sampai berbusa. Tunggu beberapa menit lalu busa tadi dilap lagi. Selanjutnya bilas dengan air.
  3. Larutan pembersih kaca yang efektif dapat didapat dengan mencampurkan air dan cuka. Perbandingan campuran kira-kira 10:1. penggunaannya dengan cara menyemprotkan ke kaca. Setelah itu usap dengan koran bekas sampai bersih. Tinta pada koran berfungsi sebagai bahan pengkilap.
  4. Untuk kotoran yang susah dihilangkan, lebih baik gunakan bahan pemoles kaca. Usapkan bahan tersebut seperti menggunakan pemoles mobil. Biarkan mengering lalu bilas hingga bersih. Setelah itu keringkan dengan lap. Jika masih ada sisa-sisa kecil dari kotoran yang tetap menempel, gunakan sikat gigi halus untuk menghilangkannya.
  5. Kaca bagian dalam kadang tampak buram lantaran pengaruh dari uap bahan vinyl dan plastik interior mobil. Bahan-bahan untuk membersihkannya sama seperti untuk membersihkan mobil bagian luar. Namun, jangan langsung disemprotkan ke kaca dikarenakan takut merusak interior lainnya. Gunakan lap dan usapkan ke kaca.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s